Serunya Berenang di Keramas Park Gianyar

Daftar Isi
Berenang di keramas Park Gianyar

Liburan akhir tahun sekolah kali ini sebenarnya kami tidak mengagendakan untuk bepergian jauh. Rupanya si Kakak minta berenang. Berhubung Bunda juga sedang ingin jalan-jalan, Bunda pun mengusulkan untuk ke Keramas Park, kolam renang yang dilengkapi dengan fasilitas lain seperti ATV dan Flying Fox, di kabupaten Gianyar.

Perjalanan kali ini benar-benar mendadak. Kakak tahu jadwal ayahnya, jadi menjelang jadwal libur kerja, dia pun merengek untuk ke kolam renang. Malam-malam sebelum Ayah berangkat kerja baru dibahas mau ke mana. Setelah disepakati, saya pun buru-buru mencari mobil rental. Beruntung malam itu juga dapat mobil untuk besok pagi. Alhamdulillah, yang biasanya berenang cukup di Kolam Renang Nirmala, kali ini meluncur sedikit jauh ke Gianyar. Sebelumnya, pernah juga main air di Kemenuh Waterpark

Perjalanan menuju Keramas Water Park kurang lebih 1,5 jam dengan kecepatan santai dan mengandalkan google map sebagai penunjuk jalan. Hari itu langit mendung, setelah pagi hari ba’da subuh hujan sebentar. Sebenarnya kami was-was juga bepergian dalam kondisi seperti ini, takut jadi zonk nggak bisa ke mana-mana. Qadarullah, hanya mendung saja, jadi terasa adem, tidak gerah.

Fasilitas di Keramas Water Park

Sampai di lokasi, kami langsung menuju loket tiket masuk. HTM untuk dewasa sebesar 30 ribu/orang dan anak-anak 15 ribu/orang; masih terbilang murah, ya. Kami juga menyewa pelampung donat untuk Kakak. Harga sewa satuan pelampung kecil sebesar 15 ribu dan harus deposit sesuai harga sewa sebagai jaminan. Berhubung kami menyewa 2 pelampung, makan harus deposit sebesar 30 ribu dan akan dikembalikan setelah pelampung dikembalikan. Oh ya, penasaran nggak, dengan fasilitas yang tersedia di sini? Yuk, langsung kita bahas satu-persatu

Kolam Dangkal untuk Anak-anak dengan Perosotan

Untuk menuju kolam, kita harus menuruni tangga. Di sebelah kanan tangga terdapat restoran dan di sebelah kirinya ada playground dan meja/kursi untuk pengunjung. Anak-anak pun tak sabar untuk segera bermain air. Kolam dangkal untuk anak-anak kedalamannya 40cm. Kolam ini berada di atas, tepat di depan lorong menuju tempat bilas dan loker. 

Di kolam ini dilengkapi dengan perosotan untuk anak-anak. Perosotan yang biasa diletakkan di playground. Si Kecil dan Kakak S pun asyik main di sini. Terdapat juga pancuran air di sisi kolam.

Kolam Keluarga dengan Perosotan Tinggi

Di bawah kolam dangkal untuk anak-anak, terdapat kolam yang lebih dalam. Kedalamannya 120cm. Kedua kolam ini terhubung dengan perosotan di satu sisi dan tangga di sisi lainnya. Di sini juga terdapat perosotan tinggi yang bisa digunakan untuk anak-anak (yang sudah besar) dan dewasa. Untuk naik perosotan ini, harus menaiki tangga di samping kolam. Perosotan ini cukup aman untuk anak usia sekolah dasar karena luncurannya pelan. Tapi pastikan anak-anak sudah terbiasa bermain air/berenang, ya, supaya tidak berbahaya saat sampai di kolam. 

Kolam Dewasa

Kolam renang dewasa berada di sisi kanan bawah kolam dangkal. Saat kami ke sana, tidak ada pengunjung yang berada di kolam renang dewasa. Kolamnya luas dan bersih. Asyik sekali jika bersantai di area ini, karena sepi. Suara gemericik air, cuitan burung, dan kupu-kupu yang kadang terbang melintas semakin menyegarkan. 

Playground

Playground berada di sisi sebelah kiri tangga masuk. Namun saat kami datang, playground dengan tutup. Mungkin hanya dibuka saat ramai pengunjung atau saat akhir pekan. Playground tidak luas, hanya ada beberapa permainan, tapi keberadaannya cukup untuk membantu mengalihkan perhatian anak-anak setelah selesai bermain air atau jika ada keluarga lain yang masih berenang. 

Loker

Loker bisa digunakan secara gratis oleh pengunjung. Kuncinya akan diberikan saat pembelian tiket. Loker dipasang berjejer di lorong menuju tempat bilas. Lokasinya berada di ujung sebelah kiri area Keramas Park. Jika membawa banyak bawaan milik keluarga, cobalah untuk meminta 2 loker supaya muat. 

Waktu itu kami hanya meminta 1 loker, rupanya tidak cukup untuk menampung bawaan kami berlima. Beruntung ada loker yang terbuka tepat di bawah loker kami (kemungkinan kuncinya rusak), jadi kami pakai loker itu untuk menyimpan pakaian ganti karena kondisi sedang sepi pengunjung dan banyak loker tak terpakai. Tas yang berisi barang berharga kami simpan di loker terkunci. 

Restoran

Restoran berada di sisi sebelah kanan pintu masuk. Kita bisa memesan makanan dan menikmati menu di kursi yang tersedia di sekitar kolam renang. Boleh milih mau duduk di atas atau di bawah, yang penting sedang kosong, yes! Menu yang tersedia di resto adalah menu yang umum tersedia di waterpark. 

Persewaan ATV dan Layanan Flying Fox 

Di Keramas Park kita bisa menyewa ATV untuk single maupun double/boncengan. Harga sewa ATV single 75ribu dan 125ribu untuk yang double. Ada flying fox juga dengan harga tiket sebesar 50ribu. Awalnya saya ingin mencoba flying fox lagi setelah sekian lama, tapi urung. Untuk lebih jelasnya tentang persewaan ATV dan main Flying Fox bisa langsung tanya ke petugas loket, ya!

Bubble Party di Akhir Pekan

Sebenarnya, ada bubble party rutin di hari Minggu sore. Kami sengaja pergi bukan di akhir pekan karena menyesuaikan jadwal kerja Ayah dan menghindari keramaian di week end. Nah, bagi yang ingin ikut Bubble party, better datangnya di hari Minggu sore. 

Fasilitas di Keramas Park

Rekomendasi Sebelum Pergi ke Keramas Park

Secara umum, Keramas Waterpark ini cukup recommended sebagai tempat refreshing keluarga. Setelah jenuh dengan hiruk-pikuk Kota Denpasar, melihat pemandangan hijau dan udara segar, rasanya sungguh melegakan. Apalagi melihat anak-anak yang sangat menikmati bermain air bersama. 

Untuk Ay/Bun yang belum pernah ke sana dan berniat mengunjungi Kemaras Park, sebaiknya memperhatikan alas kaki yang digunakan. Di sana, mungkin karena kondisi lembab dan di sekitarnya banyak pepohonan dan lumut, banyak sekali hewan kaki seribu yang berseliweran di lantai. Hewan kecil ini tidak berbahaya, hanya saja geli jika tersentuh kulit kita. Anak-anak pun mungkin anak merasa tidak nyaman saat melihatnya. 

Lalu jika tidak ingin memesan menu dari resto karena alasan tertentu (kalau saya sih karena berhemat, ups), kita bisa membawa bekal dari rumah. Jangan lupa membawa tikar lipat juga untuk digunakan sebagai alas piknik. Tentu saja pikniknya tidak di dalam area kolam, yes! Tapi di area parkir. 

Area parkir berada di lapangan yang posisinya cukup tinggi. Area ini dikelilingi pepohonan dan tanahnya ditaburi batu kerikil. Kami memilih untuk piknik di belakang mobil (pastikan juga area parkirnya tidak penuh) dan menikmati bekal yang kami bawa dari rumah. Bekal sederhana tetapi sangat nikmat karena perut lapar dan makan bareng-bareng keluarga. Masyaallah, maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan?

Oh ya, buat Ay/Bun yang muslim, membawa tikar lipat juga bisa jadi solusi untuk shalat di luar karena di Keramas Park tidak tersedia musholah. Mungkin jika izin untuk shalat di sekitar playground akan diberi izin, tetapi kami memilih untuk menumpang wudhu di sana dan shalat di parkiran.

Selamat menghabiskan dan menikmati liburan.

Semoga bermanfaat, 

Salam, 

Posting Komentar

Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Intellifluence Logo Link Banner