Anak Remaja Kita Tumbuh Jerawat, Apakah Boleh Eksfoliasi?

Daftar Isi
eksfoliasi kulit wajah berjerawat

Assalamu’alaikum, Ay/Bun! Buat yang punya anak remaja, pastinya sudah mulai menambah pengetahuan dan perhatian seputar skincare anak remaja. Terlebih jika mendapati anak-anak mengalami masalah jerawat, sesuatu yang menjadi momok tapi sangat sering dialami karena berbagai faktor. Tak sampai di situ, pasti kita juga perlu memahami berbagai hal mendasar seperti teknik membersihkan wajah, melembabkan, dan eksfoliasi. 

Eksfoliasi kulit adalah salah satu metode perawatan yang kerap kali menjadi perbincangan. Mungkin anak Anda termasuk salah satunya yang sering melakukan perawatan ini, bukan? Lantas, apakah boleh eksfoliasi saat berjerawat?

Terkait melakukan eksfoliasi saat berjerawat, ternyata kita tetap bisa melakukannya. Wanita dengan kulit yang sedang berjerawat tetap bisa melakukan eksfoliasi tanpa khawatir akan makin buruk kondisi kulitnya. Tapi, syaratnya, kita harus melakukan eksfoliasi dengan menggunakan chemical exfoliator atau eksfoliator kimia. 

Eksfoliator sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni:

Physical Exfoliator 

Physical Exfoliator adalah eksfoliator berbentuk scrub atau kain bertekstur. Cara penggunaannya dengan menggosok kulit dan “mengelupas” sel kulit mati secara manual. Bagi pemilik kulit berjerawat dan berminyak, pemakaian eksfoliator berupa scrub ini berisiko menyebabkan micro tears atau robekan kecil di kulit, yang bisa berujung pada semakin memburuknya kondisi kulit. 

Karena itu, jika kulit kita sedang break out dan cenderung sensitif dan berminyak, tidak disarankan menggunakan eksfoliator jenis physical

Chemical Exfoliator

Chemical Eksfoliator merupakan jenis eksfoliator kulit yang menggunakan bahan – bahan aktif tertentu sebagai pengangkat sel – sel kulit mati. Chemical Eksfoliator kerap menggunakan tiga bahan aktif ini yaitu AHA (Alpha Hydroxy Acids), BHA (Beta Hydroxy Acids), dan PHA (Polyhydroxy Acids). Masing – masing bahan aktif tersebut memiliki keunggulan masing – masing. 

AHA adalah bahan aktif yang mampu memperbaiki tekstur serta meningkatkan elastisitas dan densitas kulit. Tapi, AHA akan meningkatkan sensitivitas terhadap sinar matahari, sehingga kita tidak boleh lupa menggunakan sunscreen

Sementara, BHA bisa membantu memperbaiki tekstur, membersihkan pori – pori dari kotoran, dan mengangkat minyak berlebih. Salicylic acid termasuk salah satu kandungan yang termasuk dalam kandungan BHA. 

Terakhir, PHA adalah bahan aktif yang bekerja layaknya AHA, namun dengan risiko iritasi kulit yang lebih ringan. PHA tidak masuk ke dalam lapisan kulit terlalu dalam dan cenderung lebih ringan bagi kulit sensitif. 

Nah, dari ketiga bahan aktif yang telah disebutkan tadi, mana yang paling baik untuk kulit berjerawat? Bahan aktif yang paling baik untuk kulit yang sedang break out adalah BHA, karena tidak hanya bisa membersihkan pori – pori dari minyak berlebih saja, namun juga memiliki sifat anti-peradangan dan comedolytic yang berfungsi menekan pembentukan komedo atau noda.  

Penting diketahui, Chemical Exfoliator adalah bahan aktif, sehingga jika digunakan secara berlebihan, justru bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan over-exfoliating atau eksfoliasi berlebih. Jika kulit sudah tereksfoliasi berlebihan, maka kulit akan lebih mudah berjerawat, mengalami kemerahan atau peradangan, dan iritasi. 

Oleh sebab itulah, kita perlu mengetahui cara eksfoliasi yang tepat untuk kulit berjerawat agar mendapatkan hasil optimal.

Begini Cara Eksfoliasi yang Benar:

Lakukan Eksfoliasi Kulit 2-3 Kali Dalam Seminggu

Eksfoliasi kulit yang paling tepat adalah melakukannya 2-3 kali dalam seminggu. Jadi, jangan melakukannya setiap hari meskipun kandungannya diklaim gentle, karena tetap saja berisiko mengiritasi kulit. Perlu dicatat, tidak disarankan melakukan eksfoliasi saat kulit dalam keadaan over-exfoliated. 

Melakukan Eksfoliasi Setelah Membersihkan Wajah 

Kita bisa memulai eksfoliasi setelah membersihkan wajah terlebih dahulu secara menyeluruh. Caranya yaitu tuangkan produk chemical exfoliator (bisa berupa toner atau serum) ke telapak tangan atau kapas, kemudian aplikasikan ke wajah dengan gerakan memutar yang lembut. Perlu diingat, jangan ditekan atau digosok terlalu keras, karena dapat mengiritasi kulit. 

Jika menggunakan chemical exfoliator berbentuk serum, ikuti petunjuk pemakaiannya. Eksfoliator berbentuk serum biasanya mengharuskan kita untuk membilasnya setelah penggunaan. 

Namun, jika menggunakan eksfoliator berbentuk serum, setelahnya bisa langsung dilanjutkan dengan menggunakan hydrating toner

Menggunakan Pelembap

Setelah melakukan eksfoliasi, penting bagi kita untuk menggunakan produk pelembap. Pemakaian moisturizer tidak hanya untuk melembabkan kulit, namun juga bisa membantu menenangkan kulit setelah berjibaku langsung dengan bahan – bahan aktif. 

Melakukan eksfoliasi secara benar dan rutin bisa meningkatkan kondisi kulit. Mulai dari membantu mencegah dan mengatasi jerawat, meminimalisir tampilan pori – pori, menghaluskan tekstur, serta mencerahkan dan meratakan warna kulit, hingga memudarkan bekas jerawat berupa hiperpigmentasi.  

Setelah mengetahui cara eksfoliasi yang benar untuk kulit berjerawat. Sekarang saatnya mencari produk eksfoliator yang terbaik agar hasilnya optimal. Agar tak keliru, kita bisa pilih Dermies Clear Me Honey, Can You Peel Me

Dermies Clear Me Honey, Can You Peel Me? adalah kapas eksfoliasi yang mengandung Acetyl Glucosamine sebagai eksfoliator yang akan membantu mengangkat sel – sel kulit mati dan membersihkan kulit secara menyeluruh. Kapas eksfoliasi ini dilengkapi Green Tea Extract untuk merawat kulit berjerawat. Ada juga Niacianamide yang berfungsi untuk membantu mencerahkan kulit dan juga Vitamin B5 untuk melembapkan kulit, serta disempurnakan oleh Honey Extract yang membuat kulit terasa lebih lembut dan tampak lebih sehat.

Jangan lupa perhatikan juga kondisi kulit wajah anak remaja kita ya, Ay/Bun. Jika sangat sensitif, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada ahlinya dan melakukan upaya menghindari faktor-faktor penyebab jerawat. 

Semoga permasalahan kulit wajah berjerawat pada anak remaja kita bisa teratasi lalu mendapatkan kulit wajah sehat sesuai yang diinginkan. 

Semoga bermanfaat, 

Salam, 

1 komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan memberikan feedback/komentar di blog ini.

Mohon untuk tidak menyematkan link hidup dan spamming lainnya. Jika tetap ada akan saya hapus.


Salam,
Comment Author Avatar
30 Juli, 2024 16:30 Hapus
Wah baru tahu, penting banget ya masa remaja menjaga kesehatan kulit wajah, agar kulit selalu sehat terawat 😍
Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Intellifluence Logo Link Banner